Jumat, 13 Oktober 2017

Kewirausahaan, Manaat Bagi Diri Sendiri & Masyarkat

Pengertian Kewirausahaan.

     Kewirausahaan merupakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif, kreatif, berdaya, bercipta, berkarsa dan bersahaja dalam berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegiatan usahanya atau kiprahnya.




     Dari penngertian Kewirausahaan diatas, maka dapat kita tarik kesimpulan, bahwa manfaat kewirausahaan bagi diri kita sendiri maupun di masyarakat itu sangat baik, dapat diterapkan dalam dunia usaha maupun yang lainnya, Berikut adalah manfaat kewirausahhan bagi diri sendiri dan bagi Masyarakat serta cara pengembangan kewirausahaan :

Manfaat Kewirausahaan Bagi Diri Sendiri ?

Peluang untuk mengendalikan nasib bagi diri sendiri. 

     Memiliki bisnis memberikan kebebasan dan peluang pada wirausahawan untuk mencapai sasaran yang penting baginya. Para wirausahawan ingin menjadi pemberi aba-aba dalam hidup mereka, dan menggunakan bisnisnya untuk mewujudkan keinginannya dalam hidup mereka meraih kepuaasan pribadi dengan menyadari bahwa mereka sendirilah daya dorong di balik bisnis mereka.

     Sebagai manusia kitalah yang menentukan nasib kita sendiri. Dengan kebebasan yang ada, kita tidak menurut pada aturan yang dibuat oleh orang lain. Artinya bisnis yang dijalankan bergantung pada bagaimana diri kita membangun bisnis itu menjadi apa yang kita inginkan, dan seberapa besar usaha dan pengorbanan yang telah dilakukan.

Kesempatan melakukan perubahan.

     Semakin banyak wirausahawan yang memulai bisnis karena mereka melihat kesempatan untuk membuat perubahan yang menurut mereka penting. Mungkin berupa keinginan menyediakan perumahan murah yang layak untuk para keluarga di negara sedang berkembang atau mendirian program daur ulang untuk melestarikan sumber daya bumi yang terbatas, para wirausahawan kini menemukan cara untuk mengkombinasikan keprihatinan mereka terhadap masalah-masalah sosial dengan keinginan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

     Selain menentukan nasib sendiri, menjadi wirausahawan adalah upaya kita untuk melakukan perubahan. Perubahan yang dilakukan tentu saja erat kaitannya dengan penghidupan yang kita jalani. Banyak hal di dunia ini yang sangat berpotensi untuk dilakukan perubahan, tentunya perubahan yang menuju kearah yang lebih baik. Kita tentu tidak menyukai situasi yang stagnan dan cenderung membuat hidup mundur kebelakang. Maju kedepan dan lakukan perubahan.

Peluang untuk menggunakan potensi dengan sepenuhnya.

     Terlalu banyak orang yang mendapatkan bahwa pekerjaan mereka membosankan, tidak menantang, dan tidak menarik. Tetapi pada kebanyakan wirausahawan tidak banyak perbedaan antara kerja dan bermain; keduanya sama saja. Bisnis-bisnis yang dimiliki wirausahawan merupakan alat utuk pernyataan dan aktualisasi diri.


Peluang untuk meraih keuntungan tanpa batas.

     Meskipun uang bukan daya dorong utama wirausahawan, keuntungan dari bisnis mereka penting sebagai faktor motivasi dalam memutuskan pendirian bisnis. Memiliki perusahaan milik sendiri selalu merupakan cara terbaik untuk menciptakan kekayaan. Dan meskipun anda tidak menjadi kaya dengan melakukannya, anda tetap akan memperoleh lebih banyak kesenangan.


Peluang untuk berperan untuk masyarakat dan mendapatkan pengakuan atas usaha anda.

     Sering, pemilik bisnis kecil merupakan warga masyarakat yang paling dihormati dan paling dipercaya. Kesepakatan bisnis berdasarkan kepercayaan dan saling menghormati adalah ciri perusahaan kecil. Pemilik menyukai kepercayaan danpengakuan yang diterima dari pelangan yang telah dilayani dengan setia bertahun-tahun. peranpenting yang dimainkan dalam sistem bisnis di lingkungan setempat dan pengetahuan bahwa kerja mereka memiliki dampak nyata dalam melancarkan fungsi ekonomi nasional adalah imbalan bagi manajer bisnis kecil.

     Dalam hal ini kita bisa melihat bagaimana UMKM tumbuh pesat di negara kita. Dan UMKM diakui sebagai pilar ekonomi Indonesia. Disaat krisis moneter terjadi pada tahun 1998, dimana banyak perusahaan besar yang kolaps, tetapi sektor UMKM mampu bertahan dari krisis. Inilah yang menopang perekonomian Indonesia sehingga kita mampu bertahan dan tetap tumbuh.


Peluang melakukan sesuatu yang anda sukai.

     Yang umum dirasakan para pemilik binis kecil adalah bahwa kegiatan kerja mereka sesungguhnya bukanlah kerja. Kebanyakan wirausahawan yang erhasil memilih masuk dalam bisnis tertentu, sebab mereka tertarik dan menyukai pekerjaan tersebut. Mereka membuat kegemaran mereka menjadi pekerjaan mereka dan mereka senang bahwa mereka melakukannya.

     Ada yang mengatakan bagaimana jika hobi itu menghasilkan. Sudah dapat kesenangan dapat keuntungan berupa materi pula. Mungkin hal ini adalah dambaan setiap orang. Bagaimana kita hobi memancing dengan membuka usaha pemancingan dan juga bisa melakukannya dengan apa yang dilakukan dan disiarkan televisi seperti sebuah acara Mancing Mania. Ini adalah hobi yang menghasilkan. Bisnis-bisnis seperti ini saya rasa akan lebih eksis dari pada kita melakukan sesuatu diluar dari kemampuan dan sesuatu yang tidak kita senangi.



Manfaat Kewirausahaan Bagi Masyarakat ?.


Membuka lowongan pekerjaan.

     Seseorang yang memulai untuk berwirausaha, tentunya memerlukan sumber daya manusia yang dapat membantunya meningkatkan hasil usaha. Dengan semakin banyaknya wirausaha, hal tersebut berarti membuka lowongan pekerjaan dan mampu menambah daya tampung pekerja. Semakin banyaknya lowongan pekerjaan yang dibuka, hal tersebut akan membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran di masyarakat.

Generator pembangun kesejahteraan lingkungan.

     Seseorang yang berwirausaha, secara tidak langsung ia akan membangkitkan semangat lingkungan di sekitarnya untuk ikut menyejahterakan kehidupan masyarakat. Di lingkungan sekitar akan tumbuh sikap untuk terus berusaha semaksimal mungkin guna mendapatkan kesuksesan yang diinginkan. Dengan semakin banyak yang sukses, pembangunan di masyarakat dapat terus ditingkatkan.

Memberi contoh ketekunan, kerja keras, dan berkepribadian unggul.

     Seorang pemilik usaha yang sukses akan memberikan contoh baik untuk lingkungan sekitarnya, yakni menumbuhkan semangat kerja keras, berusaha dengan tekun, dan mempunyai kepribadian yang unggul. Dengan begitu, masyarakat dapat melatih dirinya menjadi lebih baik lagi dan berusaha mencontoh apa yang telah dicapai oleh wirausahawan tersebut.

Mendidik karyawan menjadi mandiri, tekun, disiplin, dan jujur dalam bekerja.

     Seorang wirausahawan yang sukses dapat menularkan semangat kemandirian dan ketekunan dalam bekerja untuk meraih kesuksesan. Tentunya, semangat tersebut harus dibarengi dengan rasa disiplin dan kejujuran, sekaligus betul-betul memahami pengertian wirausaha yang sebenarnya.



Bagaimana Mengembangkan Kewirausahaan ?.


     Kewirausahaan dapat dikembangkan dengan suatu kerja keras, dan ide untuk selalu memberikan inovasi baru serta kemampuan intrapersonal yang tinggi. dan jika kita ingin mengembangkan usaha yang kita miliki, maka berikut adalah Langkah-Langkah Yang Dilakukan Dalam Pengembangan Usaha :

Langkah Pertama adalah jeli melihat pasar.

     Dalam hal ini, kebanyakan konsumen lebih memilih dan membeli produk yang tengah tren meskipun dalam kualitas produknya nomor 2 daripada kualitas produk nomor 1 tapi produknya ketinggalan jaman (dalam bidang garmen/usaha pakaian). Seandainya dalam bidang makanan, konsumen lebih membeli produk yang mempunyai kualitas, mutu, dan bergizi serta rasa yang enak.

Langkah kedua adalah menjalin komunikasi dengan orang lain.

     Maksudnya agar tidak ketinggalan informasi diperlukan mata-mata dalam menjalankan usaha, tentunya mata-mata dalam ati positif yaitu orang yang bertugas mengumpulkan informasi untuk mendukung kemajuan usahanya. Memperluas jaringan komunikasi sangatlah penting selain mempermudah mendapatkan informasi juga dapat memperluas daerah pemasaran.

Langkah ketiga yakni, berani berinvestasi.

     Sebagai pemula dalam usaha dengan dana/modal yang terbatas, diharapkan untuk berani menjual asset sendiri yang dapat menghasilkan uang untuk berinvestasi ataupun berusaha mengkredit uang dengan orang lain dengan syarat harus adanya pertanggungjawaban untuk melunasinya.


Langkah keempat adalah focus dalam usahanya.

Kelemahan dari para wirausahawan selama ini  adalah tidak mampu mengelola kesuksesan yang telah dicapai dengan melakukan tindakan yang tidak terkendali. Sebagai contoh, beberapa pengusaha garmen tergiur keuntungan sesaat dari bisnis valas  saat krisis moneter 1998, akhirnya mereka mencoba berbisnis valas sedangkan bisnis garmennya terbengkalai. Sementara bisnis valasnya merugi akibat ketiadaan pengalaman bisnis financial, maka pengusaha tersebut gulung tikar.

Langkah kelima  adalah promosi.

     Dengan adanya promosi, masyarakat dapat mengenal produk yang ditawarkan. Sehingga konsumen dapat tertarik membeli produk yang telah dibuat. Para wirausahawan dapat mengambil alternatifnya yakni, dengan mengikuti bazaar, karena bazaar adalah sarana promosi yang murah dan dapat dijadikan momen untuk mengambil keuntungan. Setelah itu baru mempersiapkan brosur ataupun spanduk.

Langkah keenam  adalah pemasaran yang dilakukan para wirausahawan.

     Dapat memilih tempat yang strategis. Dan dalam hal memproduksi barang dan penamaan tempat (toko) perlu adanya keunikan. Karena dengan keunikan suatu barang, maka kemungkinan banyak konsumen yang mencari, dan semakin besar peluang untuk mendapatkan keuntungan besar, dalam hal ini juga dapat memberikan nilai tambah didalam penjualan produk atapun memberikan nilai diskon apabila pembelian banyak.

Langkah Ketujuh adalah Pertimbangkan untuk mengembangkan bisnis.

     Yakni dengan jalan Waralabalisensi atau peluang bisnis ataupun distribusi wholesale.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar