Tokopedia.com merupakan salah satu mal online di Indonesia yang mengusung
model bisnis marketplace dan mall online.Tokopedia memungkinkan setiap
individu, toko kecil dan brand untuk membuka dan mengelola toko online. Sejak
diluncurkan sampai hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia bisa digunakan
oleh semua orang secara gratis
Tokopedia
merupakan layanan berbasis digital, maka dalam proses bisnisnya masuk kedalam
rantai pasok digital. Digital Value chains merupakan rangkaian prosedur dalam
rantai pasok berbasis digital yang digunakan perusahaan dalam menjalankan
system bisnisnya. Digital value chains, terdiri dari 7 langkah secara umum.
Berikut 7 langkah tersebut :
- E – product & service
e-service pada Tokopedia.com adalah pada atribut-atribut yang
meliputi permintaan pengguna dapat diterima sesuai dengan perjanjian atau waktu
yang telah ditetapkan, permintaan dapat dipenuhi tanpa adanya kesalahan,
informasi yang dapat dipercaya, pengguna dapat dengan mudah menemukan barang
yang dicari pada Tokopedia.com, tidak ada gangguan saat mengakses situs Tokopedia.com,
melindungi semua informasi yang diberikan oleh pengguna, dapat menyelesaikan
pembayaran dengan cepat, dan layanan sesuai dengan apa yang diharapkan.
- . E – payment
Tokopedia.com menggunakan escrow sebagai sistem pembayaran.
Dalam hal ini, Tokopedia.com bertindak sebagai pihak ketiga yang memediasi
transaksi antara penjual dan pembeli untuk meminimalkan penipuan online. Sampai
awal tahun 2015, ada 5 metode pembayaran yang dapat digunakan untuk transaksi
di Tokopedia.com, termasuk Tokopedia Balance (Saldo Tokopedia), transfer bank,
dan metode pembayaran instan seperti Mandiri Clickpay, Mandiri E-Cash, dan BCA
KlikPay. Pada akhir 2015, Tokopedia memiliki 11 juta transaksi.
- . E – marketing
Tokopedia,
dengan kampanye “Ciptakan Peluangmu” sepertinya justru bertolak belakang dengan
para kompetitor mereka yang memastikan tiap sen uang yang dihabiskan untuk
beriklan, dihabiskan dengan bijaksana dengan Return on Investment yang baik. Tokopedia sepertinya hanya ingin mengingatkan
masyarakat bahwa peluang tidak bisa ditunggu, tapi harus dikejar. Harus
diciptakan. Dalam hal ini, konteks yang dimaksud adalah peluang untuk berjualan
online, dengan sedikit dorongan, masyarakat bisa menjadi penjual online yang
produknya menjangkau seluruh pelosok Indonesia.dan tokopedia menggunakan model push. Model Push dilakukan dengan cara
membuat diskon lewat internet yang kemudia diteruskan ke konsumen. Diskon yang
ditawarkan biasanya akan muncul pada website media social maupun broadcast
instant massaging.
- . E – contracting
syarat & ketentuan yang
ditetapkan mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. Tokopedia terkait
penggunaan situs www.tokopedia.com. Pengguna disarankan membaca dengan seksama
karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.Dengan
mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka pengguna dianggap
telah membaca, mengerti, memahami dan menyutujui semua isi dalam Syarat &
ketentuan. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang
dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan
PT.Tokopedia. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh
isi Syarat & ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan
layanan di www.tokopedia.com.
- . E – Procurement
e-Procurement adalah proses pengadaan
barang/jasa yang pelaksanaannya dilakukan secara elektronik yang berbasis
web/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi
yang meliputi pelelangan umum, pra-kualifikasi dan sourcing secara elektronik
dengan menggunakan modul berbasis website. Model e-Procurement yang digunakan
Tokopedia adalah model Buy slide karena sistemnya menyalurkan semua konsumen
atau buyer kepada beberapa penjual disekitar mereka. Dan buyer dapat memilih
penjual yang cocok dengan selera mereka. Selain itu, penjual dapat berinteraksi
dengan buyer untuk mengetahui data calon pembeli dan layanan khusus yang mereka
inginkan.
- . E – crm
e-CRM merupakan cara perusahaan untuk
terhubung dengan konsumennya. Cara ini biasanya berhubungan dengan bagaimana
kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang digunakan. Selain untuk menilai
kepuasa, e-CRM digunakan untuk memberikan beberapa promo kepada
pelanggan. Berdasarkan studi kasus terhadap tokopedia, pelanggan dapat
memperoleh berbagai macam promo untuk digunakan setelah transaksi
yang dilakukan berhasil. Promo ini dapat diperoleh pelanggan melalui
e-Mail maupun sms. Untuk menilai kepuasan pelanggan, aplikasi ini juga memberikan
konten feedback dan penilaian. Konten ini juga dapat membantu pengguna aplikasi
tokopedia mengetahui keadaan dan fasilitas yang ditawarkan oleh penjuall
terkait.
- . E – distribution
Distribusi adalah salah satu aspek dari pemasaran.
Distribusi juga dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha
memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada
konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah,
harga, tempat, dan saat dibutuhkan). Tokopedia sudah menerapkan distribusi
barang pada website ataupun aplikasinya, sehingga konsumen tidak akan
kebingungan atau salah dalam melakukan transaksi.
Itu merupakan akhir dari pembahasan materi ini , semoga
dapat membantu mohon maaf bila ada kesalhan.
0 komentar:
Posting Komentar