Amazon Value Chain Analysis
Logistik Inbound Amazon
Umumnya, Amazon tidak memiliki
kontrak atau perjanjian jangka panjang dengan vendornya untuk menjamin
ketersediaan barang dagangan, persyaratan pembayaran tertentu, atau
perpanjangan batas kredit. Pemenuhan oleh Amazon (FBA) adalah
landasan logistik
inbound Amazon untuk bisnis ritel milik perusahaan. Penjual juga bisa
menggunakan FBA dengan menyimpan inventaris mereka di pusat pemenuhan Amazon.
Dalam kasus ini, Amazon bertanggung jawab penuh atas logistik, layanan
pelanggan, dan pengembalian produk. Jika pelanggan memesan barang FBA dan
barang inventaris milik Amazon, perusahaan mengirim kedua barang tersebut ke
pelanggan dalam satu kotak, sebagai keuntungan efisiensi yang signifikan.
Penggunaan FBA adalah pilihan opsional bagi penjual dan pilihan ini membuat
produk penjual pihak ketiga memenuhi syarat untuk pengiriman gratis dua hari
Amazon Prime, pengiriman gratis dan manfaat lainnya.
Amazon menggunakan logistik di luar
jangkauan untuk melayani Amazon Marketplace dan mulai dari yang baru-baru ini,
perusahaan tersebut telah menawarkan layanan logistik kepada orang lain.
Layanan Kurir Beijing Century Joyo, anak perusahaan Amazon yang terdaftar di
pemerintah A.S. sebagai penyedia pelayaran laut pada bulan November 2015. [1]
Dari sudut pandang ini, infrastruktur logistik yang efisien juga termasuk dalam
daftar keunggulan kompetitif Amazon.
Operasi Amazon
Operasi Amazon diatur dalam tiga
segmen:
Amerika Utara. Segmen ini
mengoperasikan situs yang berfokus pada Amerika Utara seperti www.amazon.com,
www.amazon.ca, dan www.amazon.com.mx. Penjualan di segmen ini meningkat 23%,
25%, dan 25% pada tahun 2014, 2015, dan 2016, dibandingkan dengan periode tahun
sebelumnya yang sebanding. [2]
Internasional. Segmen ini
mengoperasikan situs web yang berfokus secara internasional seperti
www.amazon.com.au, www.amazon.com.br, www.amazon.cn dan lain-lain. Penjualan
internasional meningkat 12%, 6%, dan 24% pada tahun 2014, 2015, dan 2016,
dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya yang sebanding. [3]
Layanan Web Amazon Segmen ini
berkaitan dengan penjualan global komputasi, penyimpanan, database, dan
penawaran layanan lainnya untuk perusahaan pemula, perusahaan, instansi
pemerintah, dan institusi akademis. Penjualan AWS meningkat 49%, 70%, dan 55%
pada tahun 2014, 2015, dan 2016, dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya
yang sebanding. [4]
Amazon Web Services (AWS) menawarkan
penyimpanan awan bayar-as-you-go, menghitung sumber daya, layanan jaringan dan
komputasi dan pelanggan utamanya termasuk Pinterest, Dropbox, dan Airbnb.
Selain itu, AWS diposisikan sebagai platform untuk membangun aplikasi dan
bisnis seperti GE, Major League Baseball, Tata Motors, dan Qantas telah
membangun aplikasi mulai dari aplikasi untuk crowdsourcing dan perawatan
kesehatan yang dipersonalisasi ke aplikasi mobile untuk mengelola armada truk
berdasarkan AWS. Umumnya, AWS menawarkan lebih dari 516 fitur dan layanan dan
memiliki lebih dari satu juta pelanggan yang mewakili bisnis dan organisasi
dengan berbagai ukuran. [5]
0 komentar:
Posting Komentar