Kamis, 14 September 2017

E-Commerce......?

E-Commerce : Definisi, Jenis, Tujuan, Manfaat, Kelebihan & Kekurangan.



Pengertian E-Commerce.

       Menurut Laudon & Laudon (1998), E-Commerce adalah
suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis.

       E-Commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet shopping.

       Stock online dan surat obligasi, download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan lain-lainnya, serta transaksi Business to Business (B2B). (Wahana Komputer Semarang 2002).

       Sedangkan definisi E-Commerce menurut David Baum (1999, pp. 36-34) yaitu: E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and bussines process that link enterprises, consumers, and communities through electronics transactions and the electronic exchange of goods, services, and informations.

       Diterjemahkan oleh Onno. W. Purbo: E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.



Jenis-jenis E-Commerce.

       Kegiatan E-Commerce mencakup banyak hal, untuk membedakannya E-Commerce dibedakan menjadi 2 berdasarkan karakteristiknya:


1. Business to Business, karakteristiknya:
      Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang             berlangsung cukup lama.
      - Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah                    disepakati bersama.
      - Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data.
     - Model yang umum digunakan adalah peer to peer, di mana processing intelligence dapat                          didistribusikan di kedua pelaku bisnis.

2. Business to Consumer, karakteristiknya:
     Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secra umum pula.
     Servis yang digunakan juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.
     Servis yang digunakan berdasarkan permintaan.
     Sering dilakukan sistim pendekatan client-server.

Tujuan Menggunakan E-Commerse.

    Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.

Manfaat Menggunakan E-Commerse dalam Dunia Bisnis.

       Manfaat dalam menggunakan E-Commerce dalam suatu perusahaan sebagai sistem transaksi adalah:

       a. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.

       b. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
Transaksi E-Commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi

       c. Melebarkan jangkauan (global reach).
Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.

       d. Meningkatkan customer loyalty.
Ini disebabkan karena sistem transaksi E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.

       e. Meningkatkan supply management.
Transaksi E-Commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.

Kelebihan Dari E-Commerce.

Ada tiga aspek kelebihannya, yaitu:


1. Kelebihan bagi organisasi
   a. Dapat memperluas pasar hingga pada taraf global/International
   b. Mengurangi biaya pembuatan, pendistribusian, pengambilan dan pengelolaan
   c. Meningkatkan Brand perusahaan
   d. Dapat menyediakan pelayanan kepada pelanggan yang lebih baik
   e. Mempercepat dan efesiensi proses bisnis
2. Kelebihan bagi pelanggan
   a. Dapat memberikan layanan tanpa ada batasan waktu 1 x 24 jam
   b. Mampu memberikan pilihan serta kecepatan dalam pengiriman
   c. Dengan banyaknya pilihan pelanggan dapat membandingkan harga satu dengan lainnya
   d. Dapat melakukan review komentar terkait produk
   e. Dapat memberikan informasi lebih cepat
3. Kelebihan bagi masyarakat
   a. Tidak perlunya perjalanan dalam kegiatan jual beli
   b. Dapat mengurangi biaya produk, sehingga harga seharusnya dapat lebih terjangkau
   c. Dapat membantu pemerintah dalam pemberian pelayanan publik

Kekurangan E-Commerce

Sementara kekurangannya dalam dua aspek, yakni:


1. Kekurangan dari segi teknis
   a. Jika emplementasi buruk maka dapat terjadi kelemahan keamanan, keandalan dan standar sistem
yang ada
   b. Perubahan/perkembangan industri perangkat lunak sangatlah cepat
   c. Jika terjadi kendala pada bandwidth, maka dapat terjadi kegagalan TI
   d. Kesulitan dalam integrasi sistem
   e. Terjadi masalah pada kompatibilitas sistem
2. Kekurangan dari segi non-teknis
   a. Mahalnya biaya pembuatan/pembangunan sebuah sistem E-Commerce
   b. Tingkat kepercayaan pelanggan yang kurang terhadap situs E-Commerce
   c. Sulitnya untuk memastikan keamana dan privasi dalam setiap transaksi secara online
   d. Kurangnya perasaan dalam kegiatan jual beli
   e. Aplikasi ini terus berkembang dengan sangat cepat
   f. Masih belum murah dan amannya akses Internet pada suatu negara tertentu.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar